Satu Cinta dalam The Wailing Wailers


“One love, One Heart”. Tentunya kamu sudah akrab dengan lagu yang dibawakan oleh Bob Marley ini. Namun kali ini yang akan kita bahas adalah sebuah album yang melahirkan album ini jauh sebelum Bob Marley menyanyikan dalam karir solonya.

The Wailing Wailers, merupakan album yang dirilis pada tahun 1965 oleh grup vokal Ska, The Wailers. Album ini dapat dikatakan sebagai awal bermusik Bob Marley jauh sebelum membawakan Reggae, yaitu Ska. Beranggotakan Bob Marley, Bunny Wailer, dan Peter Tosh, The Wailers dibentuk pada tahun 1963 dan menjadikan album ini sebagai album perdananya. Tidak hanya menjadi warna baru, namun “The Wailing Wailers menjadi harapan optimis bagi musik Jamaika. Studio One yang merilis album ini pun sering dikatakan sebagai “Motown records” nya Jamaika.

Dengan berisikan 10 lagu, album yang kental dengan warna Ska ini memiliki dua lagu yang kelak menjadi hits bagi Bob Marley. Lagu “Simmer Down” dari The Wailers menjadi hits awal bagi Bob Marley sebagai seorang penulis lagu. Sedangkan “One Love” yang kita kenal selama ini ada pada album “Exodus”, siapa sangka terlahir sebagai sebuah lagu Ska yang penuh semangat dan memiliki lirik yang kuat mengenai perdamaian dan persatuan.

Tidak hanya itu, beberapa lagu juga memiliki nuansa romantis ala Ska dan tentunya tidak terdengar “cheesy” seperti “I Need You”, dan “Ten Commandments of Love”. Hal unik lainnya ialah ketika dilakukan reissue album ini , Yep Rock Music Group menjadi pihak yang pertama kaliuntuk melakukannya dan mendapatkan izin langsung terhadap katalog Studio One setelah melakukan negosiasi yang baik dengan Carol Dodd, yaitu anak dari Clement “Coxsone” Dodd selaku pendiri Studio One.

Bisa kamu coba dengarkan disini One Love versi original dalam Ska yang terasa lebih bersemangat

uny.ac.id
library.uny.ac.id
journal.uny.id

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Buku Mein Kampf

Bumi Manusia